Wednesday, February 18, 2009

JALAN HIDUP

The big question (pertanyaan utama) bagi manusia yang hidup di dunia ini adalah mencari tahu apa tujuan hidupnya di dunia ( what’ s God plan to him/her)..

Ini bisa berhubungan dengan pekerjaannya yang dilakukannya untuk menghidupi diri dan keluarganya.

Ada yang segera atau cepat mengetahui tujuan hidupnya adapula yang butuh waktu bertahun2 untuk menemukannya. Penemuan itupun bisa didapat secara sadar dan tak sadar, lewat rangkaian berkah ataupun musibah.

Contoh kasusnya : Harry Kucing adalah teman kuliah kami dulu yang berasal dari pulau Bangka ( kota penghasil cewek2 cantik dan terkenal seperti putri Indonesia: Artika Sari Devi dan bintang sinetron Sandra Dewi ( ngiler : mode on ). Ketika kuliah dulu dia termasuk putra daerah yang biasa2 saja, malah cenderung sering menjadi bahan guyonan temen2 lain. Ini karena ulahnya yang kadang2 lucu dan memang perawakannya yang seperti almarhum pelawak Didu. Jadi memang sudah punya bakat untuk menjadi bahan olok2 an masyarakat.

Waktu ujian semester dulu , dia pernah sesumbar bahwa untuk apa berdoa saat ujian, lha Yuri Gagarin (kosmonot Uni Soviet) saja yang komunis bin atheis bisa terbang keluar angkasa naik Apollo, itu alasan alias logikanya. Ternyata Tuhan mendengar dan langsung menjawab harapan si Harry. Ketika pengumuman hasil ujian diumumkan, pada semester itu nilai si Harry hampir semuanya D dan E alias tidak lulus semua. Cuma satu pelajaran yang lulus rasanya. Teman2 (terutama saya yang mendengar kata2nya saat ujian ) mentertawakan hasil yang didapatnya. Makanya Cing jangan ngomong macam itu lagi..-D. Malaikat mencatat lho..

Salah satu tugas anak TM adalah membuat “laporan Roda Gigi dan kopling”, yang menjadi tugas wajib semester itu. Seperti kebiasaan kami, mahasiswa2 yang malas ini adalah mengerjakan tugas tersebut menjelang akhir2 masa pengumpulan tugas alias menjelang deadline ( kayak wartawan aja - )).

Nah, si teman kita Harry ini seperti biasanya mengumpulkan dengan tergopoh2 dan sudah menjelang bel berdering. Dia tidak memeriksa lagi apakah ada yang kurang atau salah dari judul yang tugas laporan tersebut. Karena waktu yang sudah sangat mepet, jadi langsung laporan tersebut dikumpul. Tetapi beberapa waktu kemudian dia dipanggil oleh dosen mata kuliah tersebut dan diomelin.Ternyata betul ada kesalahan penulisan judul yang dibuatnya yaitu “Laporan roda gigi dan Rantai” .

Dua hal inilah yang setiap ketemu kumpul 2 dan reuni selalu menjadi bahan bercanda bagi kami.
Sekarang si harry Kucing ini bekerja menjadi ahli design & fabrikasi Roda gigi, suatu hal yang dulu kami tertawakan ternyata nasib dan garis tangan membuatnya menjadi orang yang sangat menguasai roda gigi tersebut.( Mungkin lebih hebat daripada dosen mata kuliah roda gigi dulu he2).

Kembali ke pembukaan di atas, kita tidak sadar bahwa hal-hal / kejadian yang kita lakukan atau alami di masa lalu ternyata menjadi jalan hidup kita sekarang. Teman kita di atas mungkin telah menjawab ‘what’s God plan to him” (by Amrizal "Joe" Malik)

No comments:

Post a Comment